Cara Merawat Piringan Hitam dengan Tepat

Cara Merawat Piringan Hitam dengan Tepat

Salah satu pilihan menarik saat ingin menikmati lagu adalah dengan menggunakan piringan hitam. Piringan tersebut saat ini bahkan disukai oleh banyak orang. Bahkan tidak jarang ada beberapa orang yang mulai mengkoleksinya. Akan tetapi, tentu saja perlu mengetahui juga seperti apa cara merawatnya dengan benar.

Bagaimana Cara Merawat Piringan Hitam?

Cara Merawat Piringan Hitam dengan Tepat

Perlu diketahui bahwa barang tersebut merupakan salah satu barang yang cukup rentan terhadap kerusakan. Terlebih kebanyakan usianya juga sudah berumur puluhan tahun. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar. Di bawah ini beberapa diantaranya yang bisa Anda perhatikan saat ingin merawatnya:

  • Bersihkan dengan Kain

Pada dasarnya, untuk merawat barang yang satu ini diperlukan ketelatenan. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain lembut. Cara yang satu ini bahkan terbilang cukup efektif untuk membersihkan jamur dari barang tersebut yang mungkin saja hinggap.  Tidak hanya itu saja, menggunakan kain lembut juga sangatlah penting.

Agar nantinya tidak timbul goresan pada permukaan piringan tersebut. Pasalnya, adanya goresan yang berlebih hanya akan membuatnya memiliki kualitas lagu yang buruk. Cukup bersihkan dengan menggunakan kain lembut yang diberi sedikit air agar debu menghilang.

  • Hati-hati Memegang

Sangat penting untuk hati-hati dalam memegang piringan tersebut. Hal ini dilakukan agar nantinya keberadaannya tetap bersih dan juga awet. Ada baiknya Anda memegang sebagian kecil area fisiknya saja. Terutama saat ingin memutar piringan tersebut.

Adapun bagian yang dapat dipegang adalah bagian pinggir atau bagian dalamnya saja yang ditembeli label. Dengan menyentuhnya secara hati-hati, maka juga dapat menghindarkannya dari kotoran. Jika perlu, Anda bisa memakai sarung tangan lembut saat ingin memegangnya.

  • Simpan pada Rak

Setelah piringan dalam keadaan bersih, maka pastikan untuk menyediakan rak khusus untuk menyimpannya. Cara yang satu ini merupakan cara yang paling efektif agar dapat memberikan rongga atau sela-sela antara satu piringan dengan piringan yang lainnya. Dengan begitu, sirkulasi udara juga dapat terjaga.

Apabila sirkulasi udara antar piringan dapat terjaga dengan baik, maka tentu saja akan lebih mudah terhindar dari jamur. Oleh karena itu, jangan sampai Anda menempatkannya sembarangan. Pasalnya, hal tersebut hanya akan membuat piringan memiliki potensi rusak maupun patah.

  • Gunakan Silica Gel

Apabila Anda masih belum yakin mengenai lokasi untuk menyimpan keberadaan piringan tersebut, maka sangat dianjurkan untuk menambahkan silica gel. Anda bisa menambahkannya di sekitar piringan. Adapun manfaatnya adalah demi mencegah timbulnya kelembapan yang berlebihan.

Nantinya, silica gel akan dapat menyerap udara yang lembab. Dengan begitu, dengan menggunakan silica gel pada piringan yang satu ini akan lebih mudah dalam menekan risiko tumbuhnya jamu.

  • Gunakan dengan Tepat

Apabila ingin mendengarkan piringan tersebut, maka pastikan tangan benar-benar stabil saat memasangnya. Anda bisa memasangnya dengan pelan-plan saja. Nantinya, piringan tersebut dapat diputar memakai jarum. Lakukan hal tersebut dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan apapun yang merugikan.

Jika tidak hati-hati, maka bisa saja piringan tersebut tergores secara tidak sengaja. Kemudian, apabila ingin mengangkatnya sangat dianjurkan untuk menunggu piringan tersebut benar-benar berhenti terlebih dahulu. Selanjutnya, angkat jarum yang ada agar tidak terjadi goresan yang lebih parah.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda perhatikan saat ingin merawat piringan hitam. Barang ini sendiri termasuk langka dan tidak banyak dimiliki orang. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk merawatnya dengan cara yang tepat agar awet digunakan.

Posts created 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top